Selamat Datang di Website Resmi PT.BPR NBP 29 Nikmati Produk & layanan kami Informasi Lebih Lanjut Hubungi Customer Service kami..

Mengenal FinTech, Layanan Perbankan Berbasis Online

Kamis, 26 Oktober 2017

Administrator

Teknologi

Dibaca: 742 kali

Jakarta, CNN Indonesia -- Kemajuan teknologi seakan tak memiliki batas sehingga kekuatannya mampu merambah banyak sektor, salah satunya ekonomi. Ini merupakan asal mula munculnya industri Financial Technology (FinTech).

FinTech sendiri membuat tujuan untuk membuat layanan finansial atau perbankan menjadi lebih efisien karena memanfaatkan kehadiran teknologi.

Dalam diskusi panel Indonesia FinTech Conference di Jakarta, CEO portal online Modalku Reynold Wijaya mengatakan, para pelaku financial technology ini mayoritas adalah start up yang hadir untuk bersinergi dengan bank.

 


"Ada sebuah persepsi bahwa kami seakan-akan hadir untuk mematikan kehadiran bank. Padahal pelaku FinTech hadir untuk membantu dan melengkapi layanan keuangan yang bisa memperluas ekosistem bank itu sendiri," jelas Reynold.

Ia menyambung, "ada sebesar US$54 juta financial gap dan tidak semua bisa dirangkul oleh bank. Maka kita hadir untuk membentuk pasar baru."

Layanan online seperti Modalku diakui Reynold sebagai enabler bagi pelaku UKM untuk dirangkul dan diberi akses keuangan. Bahasa sederhananya, pelaku FinTech ingin menjadi solusi.

Dari cakupan yang lebih besar, kemampuan pelayanan kepada UKM agar mereka bisa melakukan usahanya sendiri akan berujung pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Sama seperti Reynold, Mario juga menyatakan tentang posisi pelaku FinTech — apakah menganggu (disruption) kegiatan keuangan yang sudah atau tidak.

"Posisi kami sebetulnya bukan untuk men-disrupt yang sudah ada, tetapi sebagai pelengkap. Pelaku FinTech dan bank harus sama-sama eksis," ungkap Mario.

Sementara Deputi Akses Keuangan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Fadjar Hutomo turut mengatakan bahwa FinTech dipercaya sebagai solusi bagi ekonomi kreatif.

Menurutnya, hal utama yang para pelaku FinTech harus lakukan dari awal adalah menjaga trust alias kepercayaan masyarakat.

"Apapun yang muncul bisa saja dianggap sebagai disruptor apabila ia tidak mau berubah. Agar industri ini terus tumbuh, ya perlu sinergi sehat antara bank, OJK, dan pelaku FinTech," imbuh Fadjar.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua agenda

Agenda

semua download

Download

Suku Bunga

Deposito 1 Bln Rate : 4 %
Deposito 3 Bln Rate : 4,5 %
Deposito 6 Bln Rate : 5 %
Deposito 12 Bln Rate : 5,5 %
Tabungan Pundi Rate : 2 %

Pendaftaran Kredit

Pendaftaran Kredit Online

?>